Selasa, 24 Juni 2014

Pembiasaan Itu Perlu

Tadi pagi dosenku, Ibu Ummu, bilang kalau metode pembiasaan itu, bagi sebagian pakar pendidikan, menganggap penting dan sebagian juga ada yang menganggap tidak penting.

Lalu kami diberi kesempatan untuk mengeluarkan pendapat. Siapa yang menerima adanya metode pembiasaan dan siapa yang tidak menerima. Ada sekitar 4 orang yang mengatakan tidak setuju dengan metode tersebut. Salah satunya Rival. Katanya, pembiasaan itu tidak baik dilakukan dan sebatas hanya mengacu kepada kognitif saja. Sehingga menekan peserta didik hingga terjadi unsur pemaksaan di sana. Sedangkan yang menyatakan setuju dengan metode pembiasaan sekitar 6 orang. Salah satunya saya.

Saya menganggap bahwa metode pembiasaan atau yabg biasa juga disebut metode pengulangan, sangat penting dilakukan. Karena melalui pembiasaan akan suatu kegiatan, maka lama kelamaan akan menjadi sebuah sikap yang tertanam dalam alam bawah sadar. Sehingga mampu berpengaruh kepada kognitif, afektif, dan psikomotorik secara langsung maupun tidak langsung.

Jawaban saya semakin dilengkapi oleh Ahmad. Katanya, "Ala bisa karena biasa". Seseorang yang terbiasa melakukan sesuatu secara berulang-ulang, maka nantinya akan semakin terbiasa akan hal itu. Misalnya, saat membaca surah Al-Fatihah dalam shalat. Bagi peserta didik yang baru menghafalnya, dan sering dibaca dan diulang-ulang saat shalat, maka lama kelamaan akan dihafal mati. Bahkan telah tetanam juga di alam bawa sadar. Dan semakin dilengkapi lagi dengan argumen dari Andi. "Dalam buku Zero to Hero, dikatakan "Bentuklah kebiasaan, maka kebiasaan itulah yang akan membentukmu."

Dosenku yang cantik itu ternyata sepaham dengan kami yang memilih bagusnya diterapkan metode pembiasaan. Karena berasal dari pakar pendidikan yang setuju dengan adanya metode pembiasaan, mengatakan bahwa peserta didik akan terus mengalami perkembangan. Baik secara biologis, mental maupun secara pemikirannya. Maka akan ada saatnya peserta didik mampu mengontrol apa saja yang bisa ia peroleh. Karena telah mampu mengolah informasi dengan baik.

Hmm..
Semakin banyak saya belajar. Semakin banyak pula yang tidak kuketahui.


4 Juni 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar